Home > BERITA LPI, LPI > Polri Terbitkan Izin untuk Menggelar Laga Perdana LPI

Polri Terbitkan Izin untuk Menggelar Laga Perdana LPI


Setelah sebelumnya tidak memberikan izin, Kepolisian akhirnya memutuskan menerbitkan izin Untuk menggelar Laga Perdana Liga Primer Indonesia (LPI) antara Solo FC vs Persema Malang.
Ketua Panpel Solo FC vs Persema Malang Roy Saputra mengapresiasi keputusan polisi yang dinilainya cukup jernih dalam mengambil keputusan.
“Kita berterimakasih kepada polisi karena bersedia memberikan ijin keramaian dan mendengarkan masukan berbagai pihak, termasuk BOPI. Kita berharap pertandingan laga perdana LPI Sabtu mendatang berjalan lancar demi perkembangan persepakbolaan nasional ke depan,” ujar Roy Saputra.
Sementara itu Kapolda Jateng Irjen Pol. Edward Aritonang mengatakan”Kami menerima rekomendasi dari PSSI Cabang Solo bahwa pertandingan itu direstui”. UU No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Olahraga Nasional menyatakan bahwa sepak bola amatir berada di bawah naungan PSSI. Sementara itu, olah raga profesional berada di bawah Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).
Penerbitan izin pertandingan itu bukanlah kewenangan Polda Jateng, melainkan Polres Solo. Ini karena partai perdana LPI akan digelar tanggal 8 Januari 2011 mendatang di mana Solo FC akan menjamu Persema Malang di Stadion Manahan, Solo.
Keputusan itu diambil juga menyusul pertemuan antara Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, Mabes Polri, dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Kamis siang.
Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng menyatakan pemerintah menyerahkan segala keputusan soal penyelenggaran LPI kepada BOPI.
“Biarkan BOPI yang memutuskan soal penyelenggaraan LPI. Sebab, sesuai dengan peraturan, badan tersebut yang berwenang menyelesaikan masalah ini. BOPI berhak membuat keputusan apapun dan saya akan mengikutinya,” kata Andi di kantornya di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta.
Ketua BOPI Gordon Mogot sudah mengundang PSSI dan pihak LPI untuk bertemu membahas permasalahan ini. Pengurus PSSI tak hadir dalam pertemuan tersebut karena, sebagaimana dijelaskan Gordon, sedang berada di Qatar. BOPI akhirnya memutuskan menerbitkan rekomendasi untuk LPI.
“Secara undang-undang tidak ada alasan untuk tidak mengizinkan penyelenggaraan LPI. Dengan ketentuan itu, penyelenggaraan LPI, terlebih untuk tanggal 8, akan kami izinkan. Saat ini, kami hanya menunggu kelengkapan administrasi saja. Tinggal kami tanda tangan dan diserahkan ke kepolisian untuk mendapatkan surat izin keramaian,” kata Gordon.
Di tempat yang sama, pihak kepolisian yang diwakili Kepala Bagian Intelkam Komjen Pol. Wahono mengatakan akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan itu.
“Sesuai undang-undang kami berwenang memberikan izin keramaian umum dan kegiatan masyarakat lainnya. Kami menunggu surat dari BOPI terkait dengan penyelenggaraan LPI,” katanya.
Edward mengatakan kepolisian akan mengamankan laga pembuka LPI itu. dengan mengerahkan 800 orang personil.

Categories: BERITA LPI, LPI
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: